Sebutan untuk Penduduk Asli Benua Antartika



Hai sobat bloger, kamu pasti tahu kalau bumi kita ini memiliki dua kutub yang berbeda. Meski sama-sama diselimuti salju dan bongkahan es yang tebal, kutub-kutub tersebut tidak dapat sembarangan dijadikan tempat tinggal.

Kedua kutub tersebut yakni kutub utara dan kutub selatan. Kutub utara adalah titik paling utara dari bola bumi dan dilalui garis khayal 90 derajat Lintang Utara. Sementara kutub selatan atau yang juga dikenal sebagai Antartika adalah benua yang hampir seluruh wilahnya berada di Lingkar Antartika dan dikelilingi oleh Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, dan Samudera Hindia.

Selain letak geografisnya, pasti kamu bertanya-tanya, apa yang menjadi perbedaan kedua kutub itu? Dan apa sebutan untuk penduduk asli benua Antartika?

Secara singkat, perbedaan keduanya adalah

Kutub Utara, dapat ditinggali dan memiliki penduduk asli, yakni manusia dan hewan. Hewan yang mendiami kutub utara seperti Beruang Kutub, Serigala Kutub, Rubah Kutub, Anjing Laut dan lainnya.

Kutub Selatan atau Antartika, dapat ditinggali namun tidak dijadikan sebagai tempat tinggal dalam jangka lama. Mengapa demikian? Beriku beberapa fakta seputar kehidupan yang ada di Antartika.

1. Penduduk Asli Benua Antartika

Sejatinya manusia tidak ada yang dapat mendiami Antartika dalam jangka waktu yang panjang. Walau ada puluhan ribu keluarga yang tingga di wilayah lengkungan Artik.

Penduduk asli benua Antartika ini adalah bakteri, alga, lumut dan dua spesies tanaman bunga, lumut kerak dan beberapa spesies serangga. Wilayah paling selatan bumi ini diselimuti salju abadi, sehingga hanya penguin yang dapat tinggal di Antartika, dan kamu tidak akan menemukan beruang kutub disana.

Manusia yang dapat dijumpai di kutub ini adalah sekumpulan ilmuan yang tengah melakukan penelitian terhadap Antartika.

2. Tidak Memiliki Zona Waktu

Alasan lainnya benua Antartika tidak dapat dihuni dalam waktu yang lama adalah karena tidak memiliki zona waktu. Hal ini dipengaruhi oleh kutub yang menjadi tempat semua garis bujur bertemu, sehingga tidak memiliki zona waktu yang pasti.

Setiap zona waktu yang tidak pasti dapat digunakan, namun akan memusingkan dan membingungkan.

3. Wilayah Terdingin dan Terkering di Dunia

Jika dibandingkan dengan kutub utara, kutub selatan adalah tempat terdingin yang pernah ada di dunia. Es yang menyelimuti sebagian besar wilayah daratannya dapat mencapai suhu -89 derajat selsius atau setara dengan -129 derajat faranheit. Cukup dingin untuk dapat ditinggali manusia dan pas untuk ditinggali penguin.

Anantartika juga dikatakan sebagai wilayah terkering di dunia. Kamu pasti bingung mengapa seperti itu, sementara yang kita tahu, salju itu merupakan kumpulan air yang membeku.

Siapa sangka tempat tekering di dunia bukanlah gurun sahara. Gurun sahara masih menerima hujan sekitar dua kali lebih banyak dari Antartika yang hanya menerima hujan sekitar 2 inci (50 milimeter) dalam bentuk salju setiap tahunnya.

Nah, itulah seputar fakta tentang kehidupan dan penduduk asli benua antartika. Jika kamu ingin berkunjung ke kutub selatan ini, pastikan mengenakan pakaian berlapis yang super tebal agar tidak mengalami hipotermia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis Fauna yang Ada di Antartika

Mengulik Sejarah Penemuan Benua Antartika

Mengenal Karakteristik Benua Antartika yang Membedakannya dari Benua Lain