7 Fakta Unik dibalik Daratan Es, Antartika


Antartika sering disebut dengan daratan es. Antartika merupakan sebuah benua yang cukup besar yang mana berada di selatan bumi.

Pastinya antartika sudah tidak asing lagi bukan ditelinga kita. Sebelumnya, apakah kamu sudah tau mendalam tentang antartika saat ini? Beberapa fakta unik terkubur di balik benua Antartika.

Untuk kamu yang belum tahu, berikut adalah rangkumannya :

1. Dulu Antartika Memiliki Suhu Hangat

Kalian pasti tau bukan suhu Antartika saat ini/ sangat dingin pasti, makanya daerah itu disebut dengan daratan es. Tapi taukah kalian, pada zaman dahulu, diperkirakan 53 juta tahun yang lalu antartika merupakan daerah yang memiliki suhu yang hangat.

Di benua ini diperkirakan pernah mencapai suhu 20 derajat Celcius, yang mana suhu ini merupakan suhu di daerah tropis. Hal itu di sebutkan oleh Ulrich Salzmann, seorang ahli paleoekologi di University of Northumbria yang menemukan fakta bahwa antartika bagian barat pada waktu itu merupakan hutan rawa yang beriklim sedang.

2. Lapisan Es di Antartika Merupakan Air Tawar

Seperti yang kita tau, antartika dikelilingi oleh lautan luas yang berisikan es sebagai daratannya. Tapi apakah kalian tahu juga bahwa es yang ada di daratan antartika tersebut berupa air tawar yang beku?

Hal tersebut merupakan fakta karena sekitar 70 persen air tawar yang ada di bumi terdapat di lapisan es yang ada di antartika. Di beberapa tempat, ketebalan es di antartika bisa mencapai 4km. wah, dalam sekali ya.

Jikalau es di benua tersebut mencair, diperkirakan air dipermukaan laut akan naik sepanjnag 65 meter.

3. Banyak di tempati oleh Hewan

Walaupun memiliki suhu yang sangat dingin, bukan berarti tidak ada penghuni di daerah ini. Benua ini cukup banyak ditempati oleh hewan-hewan. Adapun contohnya sepertidi perairan antartika terdapat banyak spesies krill yaitu seperti krustasea kecil yang merupakan makanan untuk paus dan penguin.

Ada beberapa anjing laut dan pinguin yang bersaing untuk mendapatkan krustasea itu.

4. Orang Pertama di Antartika

Pastinya, benua ini memiliki orang pertama yang dijaikan sebagai penjelajah. Adapun itu yaitu Roald Amundsen penjelajah asal Norwegia yang menjadi orang pertama yang mencapai kutub selatan pada tahun 1911 di tanggal 14 desember.

Ia meninggalkan penjelajah Inggris yaitu Robert Falcon Scoot di belakang dan tiba lebih dulu di benua ini dan menancapkan bendera kebangsaannya di sana.

5. Tidak Termasuk Ke Dalam Negara Mana Pun

Walaupun begitu, kedatangan Roald Amundsen hanya sebagai penjelajah saja. Benua ini tidak termasuk di dalam kategori negara manapun.

Pada tahun 1959 diadakan beberapa negoisasi antara 12 negara untuk melakukan Perjanjian Antartika. Adapun isi dari Perjanjian Antartika ini adalah untuk mendedikasikan benua ini untuk kegiatan penelitian perdamaian.

Hingga saat ini, petisi tersebut sudah ditandatangani oleh 48 negara lho.

6. Antartika Sebenarnya Adalah Gurun

Hm, sedikit tidak masuk akal ya guys kalo dikatakan antartika itu sendiri termasuk dalam kategori gurun . sampai kita lupa, kalau gurun secara teknis tidak ahrus panas dan berpasir, melainkan hanya menerima curah hujan yang sedikit setiap tahunnya.

Jikalau dilihat, di Kutub Selatan rata-rata curah hujan tahunan selama 30 tahun terakhir hanya mencapai 10 mm. Karena rendahnya curah hujan tersebut makanya antartika dapat disebut gurun kutub.

7. Ada Gunung Berapi Aktif di Benua Antartika

Walaupun dikeliling es, taukah kalian kalau ada gunung api yang masih aktif di benua ini? Hal tersebut benar adanya lho.

Gunung tersebut adalah Gunung Erebus dan gunung berapi di Decepticon Island, sebuah kaldera vulkanik di Kepulauan Shetland Selatan.

Itu dia 7 fakta unik di balik antartika. Bagaimana? Sudah mengetahui lebih dalam bukan tentang benua ini? jiakalu kesini usahakan pakai pakaian yang hangat ya, agar tidak kedinginan. Semoga artikel ini membantu ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis Fauna yang Ada di Antartika

Mengulik Sejarah Penemuan Benua Antartika

Mengenal Karakteristik Benua Antartika yang Membedakannya dari Benua Lain