5 Hewan yang Mampu Bertahan Hidup di Benua Antartika

 


Tahukah kamu bahwa ternyata adaloh hewan yang mampu bertahan di benua Antartika dengan suhu yang begitu dingin. Hewan apa sajakah itu? Berikut kami berikan ulasannya untuk kamu ketahui.

Seperti yang kita ketahui, manusia hanya bisa hidup di suhu yang terbilang normal atau tidak ekstrem. Sama halnya dengan hewan. Jarang sekali ada hewan yang mampu bertahan hidup dengan cuaca ekstrem atau suhu yang terlalu dingin atau panas.

Akan tetapi, tahukah kamu ternyata di benua Antartika yang sudah terkenal dengan suhunya yang dingin dan seluruh datarannya diselimuti es, terdapat hewan yang mampu bertahan hidup di dalamnya.

Tidak hanya 1 hewan saja, namun ada banyak hewan yang mampu bertahan hidup di dalam benua ini. Bagaimana cara mereka hidup? Nah, untuk mengetahui hal itu di bawah ini kami sudah merangkum 5 hewan yang mampu bertahan hidup di benua Antartika.

Hewan apa sajakah itu? Simak ulasan di bawah ini sampai habis untuk mengetahuinya.

1. Penguin

Mungkin bagi kamu yang sudah sering menonton film dengan latar benua Antartika sudah cukup tau dan familiar jika penguin adalah salah satu penghuni benua es itu.

Penguin ini dikenal sebagai jenis burung yang tidak bisa terbang.Ada empat spesies penguin yang hidup di Antartika, diantaranya Adelie, Emperor, Chinnstrap, dan juga Gentoo. Penguin ini memiliki lemak yang cukup tebal serta susunan bulu yang saling tumpang tindih yang bertujuan untuk menjaga tubuh mereka tetap hangat selama hidup di daerah dengan cuaca yang ekstrim.

2. Anjing Laut

Hewan selanjutnya yang mampu bertahan hidup di Kutub Selatan ini adalah Anjing Laut. Hewan ini memiliki 5 spesies yang mampu hidup di daerah dengan suhu ekstrim tersebut, diantaranya Leopard, Waddle, Ross, Crabeater, dan juga Fur.

Anjing Laut ini memangsa ikan, cumi-cumi, serta Krill sebagai menu andalannya. Para hewan ini pada saat berburu menggunakan echolocation yang merupakan kemampuan penglihatan yang memanfaatkan gelombang sonar.

3. Ikan Paus

Sudah tidak asing lagi jika ikan paus dapat hidup di dalam benua Antartika. Hewan terbesar di dunia ini memang mampu bertahan dengan suhu yang dingin sekalipun.  Untuk ikan paus yang ada disini berjenis Baleen, dimana ukurannya lebih besar dari paus pada umumnya serta memiliki dua lubang sembur dibagian atas kepalanya.

Serta ada juga jenis ikan paus bergerigi dimana mereka suka sekali berburu mamalia besar seperti ikan besar maupun cumi. Yang unik, 2 jenis Ikan Paus tersebut bakalan ada di Antartika pada saat musim dingin, dan mereka bakalan bermigrasi ke Kutub Utara pada saat musim panas untuk berkembang biak.

4. Burung Laut

Hewan yang hidup di Antartika selanjutnya adalah burung laut, ini adalah spesies burung yang memiliki kemampuan terbang jauh. Yang menarik, Burung Laut ini memiliki kemampuan bertahan hidup di lautan dan di daratan.

Hewan ini memiliki selaput kaki, serta bulu-bulu yang begitu tebal untuk memungkinkan mereka bisa bertahan hidup dalam cuaca yang ekstrim. Ada 35 spesies Burung Laut yang berada di Kutub Selatan, salah satunya adalah penguin.

5. Beruang Kutub

Jika membahas hewan yang hidup di benua Antartika, kurang lengkap jika kita tidak membahas hewan yang satu ini. Beruang Kutub merupakan hewan karnivora yang menakjubkan dengan tubuhnya yang besar dan bulunya yang seputih salju.

Tercatat beruang Kutub jantan bisa mencapai berat 700 kg sedangkan berat maksimal betinanya sekitar 318 kg.

Nah, itulah 5 hewan yang mampu bertahan hidup di benua Antartika. Semoga ulasan kami dapat menambah pengetahuan kamu dan selamat membaca!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis Fauna yang Ada di Antartika

Mengulik Sejarah Penemuan Benua Antartika

Mengenal Karakteristik Benua Antartika yang Membedakannya dari Benua Lain